Home / Opini Desa / BPD Harus Bersinegi dengan Kades Membangun Desa

BPD Harus Bersinegi dengan Kades Membangun Desa

Perencanaan adalah proses memutuskan tujuan-tujuan apa yang akan di kejar selama suatu jangka waktu yang akan datang dan apa yang dilakukan agar tujuan-tujuan itu dapat tercapai.
Sebagaian orang berpikir tentang perencanaan dalam arti yang lebih sempit dari memutuskan jalan yang akan diambil untuk kegiatan-kegiatan. Perencanaan sebagai suatu kegiatan terorganisir terhadap persoalan-persoalan yang akan datang dan menguraikanya secara lambat laun membentuk pola sekarang untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang.
Perencanaan efektif haruslah didasarkan atas fakta-fakta dan informasi dan tidak atas emosi dan keinginan Sepihak. Perencanaan itu penting sekali dan harus ada dalam sebua organisasi. Perencanaan adalah hal-hal yang akan dikerjakan kemudian. Dengan kata lain, planning adalah sekarang untuk tindakan yang akan datang. Perencanaan pada dasarnya merupakan cara, teknik atau metode untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara tepat, terarah dan efisien sesuai dengan sumber daya yang tersedia.
Dengan demikian, “Perencanaan pembangunan adalah cara atau teknik untuk mencapai tujuan pembangunan secara tepat, terarah, dan efisien sesuai dengan harapan Bersama. Baik pemerintahan Desa maupun masyarakat Desa. Bukan Pembangunan keinginan pemerintah Desa tetapi pembangunan Kepentingan dari masyarakat Desa. Yang harus kita Dukung selaku BPD,” jelas Junaidi, Ketua BPD Desa Anyar Kecamatan Muara Lakitan Kab.Musi Rawas. Provinsi Sumatera Selatan, sekaligus Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional. Prov.Sumsel.
Banyak Sekali BPD di Sumsel yang belum memahami Tupoksi Bpd, hak dan wewenang BPD dalam bekerja demi pembangunan di suatu desa. “Maka dari itu kami berharap kepada pihak Pemkab di kabupaten se Prov Sumsel agar bisa membina dan memberikan serta arahan untuk BPD yang ada di Prov. Sumsel dalam membangun Sumber Daya manusianya. Agar BPD bisa bersinergy membantu kepala desa membangun desa,” tegas Junaidi.

About naidafaradibha

Check Also

BPD Harus Jadi Penyeimbang Kepala Desa

Dewan Pengurus Daerah(DPD) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional. (Abpednas) Prov.Sumatera Selatan. Mengingat Kan Kepada Pemerintahan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *