Home / Berita Desa / Gelar Rakerda, DPD ABPEDNAS Jawa Timur Dukung Program Pemprov

Gelar Rakerda, DPD ABPEDNAS Jawa Timur Dukung Program Pemprov

Surabaya – Pengurus DPD ABPEDNAS (Asosiasi Badan Permustawaratan Desa Nasional) Jawa timur laksanakan kunjungan kerja ke kantor dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD, Red) Provinsi Jawa timur di Surabaya, kamis (18/03/2021).

Pengurus DPD ABPEDNAS yang hadir diketuai Oleh Agus Budi Sampurno, Jazuli (wakil ketua), Dwi Rahayu Ningsih (Sekretaris) dan Perwakilan dari DPC (Dewan Pimpinan Cabang) se-Jawa timur.

Rombongan pengurus DPD/ DPC ini disambut langsung oleh Kepala Dinas PMD Jawa timur, Yasin dengan didampingi Heru selaku Kabid kelembagaan desa dinas PMD Jawa timur.

Ketua DPD Abpednas, Agus Budi Sampurno melalui Seketaris DPD Dwi Rahayu Ningsih kepada awak media mengatakan, kunjungan kerja ini sifatnya hanya audiensi dan diskusi saja.

“Dalam pertemuan, DPD Abpednas berharap ada sinergitas program antara Abpednas dengan pemerintah provinsi Jawa timur melalui DPMD khususnya pada hal yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas SDM BPD dalam pelaksanaan tugas dan fungsi BPD, hal ini dimaksudkan agar BPD semakin dapat lebih berperan aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan desa khususnya di Jatim,” ungkap Ningsih.

Ningsih menambahkan, “Selain itu DPD Abpednas juga menyampaikan permasalahan- permasalahab seperti hak keuangan BPD, regulasi regulasi yg dirasa kurang mendukung keberadaan BPD dll, juga tidak lupa menyampaikan bahwa Abpednas Jatim akan melaksanakan Rakerda di bulan Mei 2021.”

Pada kesempatan pertemuan tersebut Kepala Dinas PMD Prov. Menyampaikan bahwa pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Jawa Timur menerima baik organisasi apapun selama itu sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, apalagi organisasi tersebut dapat membantu mendukung program program Pemerintah di Jawa Timur.

Kepada Abpednas beliau berpesan agar dapat mendukung program program Pemprov khususnya dalam pembangunan dan pemberdayaan desa,”Terkait permasalahan permasalahan yang disampaikan,kami akan mempelajari dulu peraturan perundangan yang berlaku, karena sesuai dg UU Desa bahwa hal hal yg berkaitan dg desa diatur oleh Perda/Perbup Kabupaten,” Kata Kadis.

Dalam kesempatan tersebut sangat mengapresiasi keberadaan Abpednas di Jatim dan mengajak pertemuan yang sifatnya non formal seperti ngopi bareng dan siap menghadiri undangan Abpednas sepanjang tidak ada kegiatan yang mendesak.

Selain itu Kadis juga berpesan agar pembangunan dan pemberdayaan desa bisa lebih optimal berharap BPD harus kuat dan harus paham dan bisa melaksanakan tugas fungsinya.

Khusus untuk peningkatan kapasitas BPD, DPMD siap memfasilitasi dengan kegiatan pelaksanaan pelatihan atau TOT.

Dalam kesempatan yang sama Kabid Kelembagaan Desa menyampaikan bahwa DPMD Prov siap untuk menyampaikan harapan harapan Abpednas ke lingkungan DPMD Kabupaten.

About Heri

Check Also

ABPEDNAS Muara Enim Ikuti Pelatihan STOK Di Kemendagri Lampung

Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan:Lampung Natar Balai Pelatihan Region Lampung Pada Kementrian Dalam Negeri Republik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *