Home / Tentang Kami

Tentang Kami

Sebuah terobosan pemerintah saat ini yang menyentuh masyarakat secara langsung adalah program dana desa. Melihat manfaat dan responnya, program ini diyakini akan terus bergulir. Siapapun kepala negaranya.

Mulai dikucurkan pertama kali pada 2015 senilai Rp20,7 triliun, dana bantuan untuk desa terus meningkat tiap tahunnya. Pada 2016, kucuran dana desa digandakan menjadi Rp40,9 triliun. Kemudian 2017, dana desa kembali ditingkatkan menjadi Rp60 triliun, begitu juga dengan tahun seterusnya akan naik.

Selama tiga tahun terakhir begitu banyak dampak dari dana desa yang sangat besar dalam percepatan pembangunan desa dan meningkatkan ekonomi di desa. Dan yang lebih penting, kita melihat efek langsung dana desa juga memiliki andil dalam menurunkan tingkat kemiskinan, terutama di perdesaan.

Namun, kita juga tidak bisa menutup mata, dalam pelaksanaan program dana desa sejauh ini juga ternyata rawan penyalahgunaan. Baik memang disengaja oleh oknum tidak bertanggungjawab, namun ada juga yang disebabkan masalah administrasi.

Kasus pidana itu terjadi karena disparitas yang cukup signifikan terkait kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia di desa dalam mengelola anggaran, sehingga diperlukan pengawasan dan pendampingan yang lebih ketat.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bersama dengan Kementerian Dalam Negeri diharapkan bisa bersinergi melakukan pengawasan sekaligus meningkatkan kapasitas aparat desa melalui bimbingan teknis, lokakarya dan upaya lainnya.

Salah satunya adalah dengan melibatkan peran aktif masyarakat, khususnya media massa. Dalam satu dasawarsa terakhir, perkembangan industri media yang didukung oleh tehnologi digital dan internet, mampu mengabarkan informasi begitu sangat cepat.

Sesuai fungsi media, sebagai penyebar informasi dan sosial kontrol, AbpedNews.Com sebagai media berbasis video streaming, akan menjadi partner dan minta pemerintah dan masyarakat dalam memperluas serta memperkuat cakupan penyebaran informasi pemberitaan, edukasi serta hiburan bagi masyarakat luas. Khususnya juga dalam menjaga dan mengontrol penyaluran dana desa agar tetap sasaran.

Untuk itulah AbpedNews.Com hadir dalam memenuhi kebutuhan informasi yang tuntas, luas dan jelas bagi masyarakat, khususnya di pedesaan seluruh Indonesia. Dengan pengalaman, dukungan media cetak serta pengalaman para jurnalis yang terbilang panjang, menjadi modal besar bagi AbpedNews.Com untuk menjadi saluran media informasi pemerintah, penyampai aspirasi warga di pedesaan yang terpercaya.

Untuk itu, AbpedNews.Com akan menjadi news video portal terkemuka dan bisa menjadi andalan masyarakat desa yang mencari informasi terkait pengembangan desa, bisnis, menjalin komunikasi aktif sesama pengelola dan warga desa, serta sarana paling efektif bagi regulator, pemerintah serta pelaku usaha dalam dalam mensosialisasikan dan menyampaikan keunggulan produknya serta jasa.

www.AbpedNews.Com adalah media informasi dan komunikasi pedesaan pertama dalam industry media online berbasis news video portal. Merupakan bagian dari pengembangan media Jurnalis Corp dan didedikasikan bagi pemerintah, masyarakat di seluruh pelosok desa, guna mengawal dana desa.