BMKG prakirakan sebagian wilayah Tanah Air diguyur hujan

Jakarta (ABPEDNEWS) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Tanah Air diguyur hujan dengan intensitas beragam pada Kamis (15/9).

Dilansir dari siaran BMKG diikuti secara daring di Jakarta, disebutkan sirkulasi siklonik terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, memanjang di Maluku.

Daerah konvergensi lainnya memanjang di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Selat Karimata, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, di Utara Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, bagian utara Sulawesi Tenggara hingga Teluk Tomini, di Maluku, dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Sehingga, cuaca untuk wilayah Sumatera diprakirakan hujan dengan intensitas ringan yang terjadi di wilayah Pekanbaru, Jambi Palembang, Bengkulu, Lampung, dan Pangkalpinang.

Selanjutnya, di wilayah Tanjungpinang dan Aceh diprakirakan berawan dan untuk wilayah Medan cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas sedang. Waspadai hujan disertai dengan petir bagi yang berada di wilayah Padang.

Sementara di wilayah Jawa diprakirakan cerah berawan bagi yang berada di wilayah Jakarta dan Surabaya. Sedangkan di wilayah Serang, Semarang, dan Yogyakarta cuaca diprakirakan berawan hingga berawan tebal, dan di wilayah Bandung diprakirakan hujan dengan intensitas sedang.

Di wilayah Kalimantan cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di Palangkaraya, Banjarmasin, dan Tanjung Selor. Sementara di Pontianak akan hujan dengan intensitas sedang, dan untuk wilayah Samarinda diperkirakan berkabut.

Baca juga: Hujan diprakirakan turun di sejumlah kota besar

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara, cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di Denpasar. Sedangkan di wilayah Mataram diprakirakan hujan dengan intensitas sedang, dan untuk wilayah Kupang hari ini diprakirakan berawan.

Untuk wilayah Sulawesi diprakirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Kendari. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di wilayah Gorontalo, Palu dan Mamuju. Sementara di wilayah Makassar dan Manado cuaca diprakirakan berawan

Bagi yang berada di wilayah Indonesia bagian timur cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Ambon, Manokwari, dan Jayapura, sedangkan wilayah Ternate diprakirakan berawan.

https://www.antaranews.com/berita/3118457/bmkg-prakirakan-sebagian-wilayah-tanah-air-diguyur-hujan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.