Cokelat sebaiknya tak disimpan di kulkas

simpan di ruang kering

Bandung (ABPEDNEWS) – Cokelat tidak boleh disimpan pada suhu yang terlalu dingin karena dapat merusak rasa.

Technical Developer Gourmet Barry Callabout Indonesia Ferrial Ekbar atau yang akrab disapa Chef Ferrial ini mengatakan cokelat baiknya disimpan pada suhu 12-20 derajat.

“Idealnya enggak perlu disimpan di kulkas, simpan di ruang kering, jangan panas. Kalau ada wadah kedap udara lah,” ujar Chef Ferrial saat berbincang di Barry Callebaut Studio, Bandung, Kamis (15/9).

Lebih lanjut, Chef Ferrial menjelaskan saat cokelat disimpan di kulkas dengan suhu yang sangat dingin, maka akan menimbulkan fat bloom dan sugar bloom atau munculnya gelembung lemak dan gula pada permukaan cokelat.

Fat bloom yang muncul pada permukaan cokelat akan hilang dengan sendirinya jika saat suhu normal. Sedangkan sugar bloom, tidak akan hilang dan dapat merusak cokelat karena telah bercampur dengan air.

Cokelat sendiri sama sekali tidak boleh terkena air bahkan dalam jumlah sedikit sekalipun.

Sugar bloom sebenarnya jarang terjadi, jadi dia keluar gulanya. Gula keluar, kadang ada air, itu sudah rusak sudah kecampur,” katanya.

Chef Ferrial juga mengatakan bahwa cokelat yang biasa digunakan untuk bahan membuat kue baiknya tidak disimpan di kulkas. Sebab ketika dimasak akan menggumpal.

“Terkadang ada yang langsung dipakai, cokelat itu akan menggumpal karena bercampur sama air. Bisa sih didiamkan dulu di suhu ruangan setengah jam, tapi hasilnya enggak sama kayak cokelat yang masih awal,” ujar Chef Ferrial.

Chef Ferrial menyarankan untuk mengatur suhu kulkas terlebih dahulu jika benar-benar ingin menyimpan cokelat di lemari pendingin tersebut. Selain itu, jangan meletakkan cokelat di ruangan yang berbau.

Baca juga: Cokelat masih mendominasi rasa camilan di Indonesia

Baca juga: Godiva hadirkan empat varian cokelat baru bulan Agustus

Sumber : Cokelat sebaiknya tak disimpan di kulkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.