Kisah Cinta Gajah Mada dengan 4 Wanita yang Menggemparkan

loading…

Ilustrasi kisah cinta Gajah Mada yang berakhir dengan Perang Bubat. Foto: Istimewa

KISAH Cinta Gajah Mada selalu menarik untuk diikuti. Sedikitnya, ada empat wanita yang pernah ditulis dan dekat dengan Gajah Mada. Terdiri dari Puranti, Ken Bebed, Ni Luh Sekarini, dan Dyah Pitaloka Citraresmi.

Kisah cinta Gajah Mada dengan Puranti, putri Demang Suryanata, berlangsung saat Gajah Mada menginjak usia muda. Sayang, cintanya dengan Puranti kandas, karena gadis cantik itu lebih dahulu dilamar Raden Damar.

Yang sedihnya lagi, Demang Suryanata menerima lamaran Raden Damar. Gajah Mada pun patah hati. Perasaan cinta Gajah Mada dengan Puranti ini diketahui oleh Raden Damar. Api cemburu pun membakar dada Raden Damar.

Baca juga: Strategi Gajah Mada Redam Pemberontakan di Kerajaan Majapahit

Pada suatu ketika, kedua pria itu terlibat perkelahian. Raden Damar yang cemburu melihat rasa cinta Gajah Mada terhadap Puranti langsung menyerang. Nahas, dalam perkelahian itu Raden Damar kalah dan tewas.

Pada masa ini, nama Gajah Mada belum digunakan. Saat itu, Gajah Mada yang dikenal saat ini masih seorang pemuda bernama Bekel Dipa. Setelah mengabdi ke Majapahit dan jadi patih, baru dia dikenal Gajah Mada.

Setelah dengan Puranti, Gajah Mada juga diceritakan menjalin cinta dengan Ken Bebed. Kisah cinta Gajah Mada dengan Ken Bebed, ditulis dalam Kitab Usana Jawa dan Babad Gajah Maddha.

Baca: Kisah Cinta Patih Gajah Mada dengan 3 Wanita

Dalam cerita ini, disebutkan bahwa Gajah Mada lahir di Bali, bukan di Jawa. Ketika remaja, Gajah Mada dinikahkan dengan Ken Bebed atau Ni Gusti Ayu Bebed, putri Ki Gusti Pinatih. Gajah Mada dan Ken Bebed saudara angkat.

Gajah Mada diangkat menjadi anak oleh Ki Gusti Pinatih. Sedang Ken Bebed merupakan putri dari Ki Gusti Pinatih.

Sumber : Kisah Cinta Gajah Mada dengan 4 Wanita yang Menggemparkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.