Rektor IPB: Prof Azyumardi guru bangsa yang menginspirasi dan moderat

Beliau bukan guru biasa, tetapi guru inspiratif

Bogor (ABPEDNEWS) – Rektor IPB Prof Arif Satria mengatakan almarhum Prof Azyumardi Azra adalah seorang guru bangsa yang selalu menginspirasi dengan pandangan moderat tentang keislaman dan KeIndonesiaan.

“Beliau bukan guru biasa, tetapi guru inspiratif yang mencintai ilmu, peduli sosial, dan rendah hati,” kata Arif Satria melalui keterangannya yang dikutip di Jakarta, Senin.

Keluarga besar IPB University, kata dia, berduka atas meninggalnya Prof Azyumardi Azra, cendekiawan Muslim yang pernah menjadi Ketua Dewan Audit IPB University pada 2007-2012.

“Saya menyatakan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Prof Azyumardi Azra,” katanya.

Baca juga: Azyumardi Azra sebut Indonesia perlu kepemimpinan berbasis Pancasila

Arif berharap, spirit dan inspirasinya tetap hidup dan membawa manfaat untuk kemaslahatan.

Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, pada Minggu (18/9), pukul 12.30 waktu setempat.

Sebelumnya diberitakan, Prof Azyumardi Azra berkunjung ke Malaysia pada Jumat (16/9), atas undangan Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menjadi salah satu pembicara pada Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dijadwalkan dilaksanakan di Selangor pada Sabtu (17/9).

Namun setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Jumat (18/9) sekitar pukul 15.30 waktu setempat, Prof Azyumardi diketahui sakit dan kemudian diantarkan ke Rumah Sakit Serdang di Selangor, berjarak sekitar 30 km dari Kuala Lumpur, untuk mendapat penanganan secara intensif.

Prof Azyumardi Azra adalah mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah dan kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pers periode 2022-2025.

Sumber : Rektor IPB: Prof Azyumardi guru bangsa yang menginspirasi dan moderat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.