Wali Kota ajak PCINU Kendari jaga moderasi beragama

“Ini (moderasi beragama) menjadi perekat sehingga Pemerintah Kota Kendari setuju jika moderasi beragama itu terus disuarakan agar nantinya bisa menjadi semangat bersama,” ujarnya.

Kendari (ABPEDNEWS) – Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara Sulkarnain Kadir mengajak Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kendari untuk menjaga moderasi beragama karena dapat menjadi kekuatan dalam menerima dan menyatukan suatu perbedaan.

“Dengan moderasi beragama kita bisa terbuka menerima keunikan kita masing-masing dan kalau ini dipersatukan, saya kira ini akan menjadi kekuatan besar,” kata Wali Kota pada Konferensi Cabang ke V Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kendari, di Kendari, Jumat.

Menurut Wali Kota moderasi beragama harus disuarakan bersama agar tetap terjaga suasana yang aman dan jauh dari konflik dan perselisihan yang dapat merusak ataupun memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ini (moderasi beragama) menjadi perekat sehingga Pemerintah Kota Kendari setuju jika moderasi beragama itu terus disuarakan agar nantinya bisa menjadi semangat bersama,” ujarnya.

Ia menginginkan agar setiap kegiatan pemerintahan dapat mengusung tema moderasi, serta ke depannya dapat menjadi program Pemerintah Kota Kendari.

Wali Kota menambahkan, selama masa jabatannya, banyak peran ulama khususnya tokoh Nahdatul Ulama dalam memberikan masukan dan dukungan selama menjalankan pemerintahan.

Menurutnya, peran yang cukup dirasakan yakni ketika terjadi pandemi COVID-19. Peran ulama dalam menenangkan umat untuk mendukung langkah yang diambil pemerintah menangani pandemi.

“Penguatan terus diberikan, nasehat terus diberikan kemudian dibantu secara luar biasa menyadarkan umat, menyampaikan fatwa apa yang dilakukan pemerintah, apa yang diupayakan pemerintah tentu dalam rangka memberikan yang terbaik pada masyarakat,” katanya.

Dengan dukungan para ulama ini, wali kota mengaku siap memberikan dukungan baik materi maupun non-materi karena besarnya peran ulama tidak bisa terbayar.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kendari H. Muhamad Saleh menerangkan moderasi beragama merupakan hal wajib yang harus ditanamkan pada setiap kader, terlebih pada generasi penerus bangsa seperti kalangan siswa, santri yang ada di pondok pesantren hingga mahasiswa dan mahasiswi.

“Ini kan salah satu program nasional melalui Kementerian Agama. Sehingga PCNU Kota Kendari pun ikut mensosialisasikan tentang betapa pentingnya moderasi beragama bagi seluruh kalangan,” kata Saleh.

Sumber : Wali Kota ajak PCINU Kendari jaga moderasi beragama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.